-->

MODEL BAJU BATIK UNIK TERKINI

Menjelaskan Model Baju Batik Unik Terkini, Baju Batik Kerja, Baju Batik Kantor, Baju Batik Keluarga, Baju Batik Seragam, Busana Batik Modern, Baju Batik Unik, Batik Polos, Batik Embos, Batik Anak Perempuan, Busana Batik Unik Modern, Pakaian Batik Terbaru.

√ Ciri Khas Batik Yogyakarta Terbaru 2024

Ciri Khas Batik Yogyakarta Terbaru - sebelum membahas karakteristik batik yogyakarta. maka Kita harus mengenal terlebih dahulu tentang kebudayaan indonesia. Di negara indonesia ini merupakan pusatnya busana yang memiliki khas tersendiri karena merupakan garis tengah dari kebudayaan barat dan timur. kebudayaan barat yang busananya lebih terbuka dan kebudayaan timur yang busananya lebih tertutup. 

Adapun di indonesia sendiri busananya khas nya adalah Motif batik. namun perlu dibedakan batik yogyakarta dengan batik yang lain. adapun perbedaannya dapat saya jelaskan dalam ciri - ciri khas batik yogyakarta ini. karakter Batik Yogyakarta Terbaru ini memang berbeda dengan ciri khas batik dari kota lain.

Motif batik yogyakarta yang Populer

Memang yogyakarta adalah salah satu propinsi yang masih menjaga budaya kerajaan di indonesia. dan hal ini berpengaruh terhadap motif batik yang akan dibuat oleh para desainer baju batik. Untuk mengetahui ciri khasnya maka anda bisa melihat atau memerhatkan di bawah ini.
CIRI KHAS BATIK YOGYAKARTA
http://grosirbatikterkini.blogspot.com
Ada dua macam warna dasar kain yaitu yang berwarna hitam, putih dan coklat. Sementara warna batik bisa putih (warna kain mori), biru tua kehitaman dan coklat soga. Sered atau pinggiran kain, putih, diusahakan tidak sampai pecah sehingga kemasukan soga, baik kain berlatar hitam maupun putih. Ragam hiasnya pertama Geometris : garis miring lerek atau lereng , garis silang atau ceplok dan kawung, serta anyaman dan limaran. Ragam hias yang bersifat kedua non-geometris semen, lung- lungan dan boketan. Ragam hias yang bersifat simbolis erat hubungannya dengan falsafah Hindu – Jawa yang itu merupakan peninggalan kerajaan mojopahit.

Ciri khas batik Yogyakarta

  1. Lebih banyak menggunakan warna putih, hitam, dan coklat.
  2. pengerjaan batik masih secara tradisional yaitu dengan tangan dengan motif batik tulis.
  3. Corak batik berupa gambar dedaunan, binatang atau manusia.
  4. Motif batik merupakan gambaran dari filosofi kehidupan tertentu.

Harga Batik Yogyakarta

Harga kain batik tulis klasik yogyakarta sangatlah terjangkau, dibandrol dengan harga Rp. 240.000,- an, Kain batik cap sogan jogja motif udan laris dibandrol dengan harga Rp. 120.000,- dan lain sebagainya. Anda dapat membandingkan harga kain batik yogyakarta di marketplace tokopedia, shopee atau yang lainnya. Terkait harga baju khas jogja dibandrol dengan harga berkisar Rp.40.000,- hingga Rp. 200.000,- an.

Kain batik yogyakarta memiliki ciri khas warna dengan domain putih. hitam dan coklat. Pengerjaan batik masih sangat tradision, corak batik masih gambar dedaunan. binatang dan manusia dan merupakan filosofis dari kehidupan tertentu.

Penutup

Sekian dari saya gan, mengenai ciri khas batik yogyakarta ini tidak kalah bagusnya dengan ciri khas batik solo atau pekalongan, karena pembuatannya yang masih tradisional sehingga hasilnya pun terlihat halus dan bagus. semoga bermanfaat gan. 
Back To Top